MANFAAT NASI MERAH




Rasa yang kurang enak membuat sebagian besar orang Indonesia enggan memakan nasi merah dalam sebagai makanan utama. Sehingga banyak restoran/rumah makan hanya menyediakan nasi putih dalam menu sajiannya. Memang tidak ada salahnya mengkonsumsi nasi putih, namun harus dalam porsi yang tepat. Nasi putih mengandung indeks glikemik (ukuran sebesarapa cepat glukosa dilepaskan ke dalam alirah darah setelah makan) yang tinggi, minim serat, vitamin, dan magnesium, sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes dan perut buncit.

Kandungan yang gizi yang berbeda terdapat pada nasi merah yang mengandung indeks glikemik yang rendah membuat orang merasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah lebih stabil. Selain itu nasi merah mengandung vitamin B dan vitamin E yang tinggi, mineral dan serat serta fenolat sebagai selenium bahkan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Sehingga dapat mengurangsi resiko serangan jantung, hipertensi, kardiovaskuler dan diabetes.

Dalam banyak program kebugaran di gym (fatloss/weightloss) juga selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak, salah satunya dengan mengkonsumsi nasi merah. Saya pun pada awalnya sempat kesulitan untuk mengkonsumsi nasi merah yang rasanya cenderung hambar di lidah, tetapi melihat manfaat yang diberikanya membuat termotivasi untuk terus mengkonsumsinya. Nasi merah membuat sistem perncernaan yang lancar dan membuat kita tidak mudah lapar, memiliki energi ekstra dalam aktvitas dan pada akhirnya mencegah perut buncit.

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post