Pembangunan Jembatan Fly Over: Keselamatan Bukan Cuma Milik Pekerja Konstruksi, Tapi Juga Pengguna Jalan




Maksud hati untuk tetap memberikan kemudahan akses bagi penduduk yang selama ini selalu menggunakan Jalan Gajah Mada  Kota Bandar Lampung, meskipun pada ruas jalan tersebut saat ini sedang dilakukan pembangunan jembatan gantung (fly over). Pihak kontraktor tetap memberikan “izin” melintas pada sedikit ruas jalan tersebut dilewati kendaran, baik sepeda motor maupun mobil. Sekilas hal tersebut memang sangat memudahkan akses pengguna jalan, namun jika dilihat kondisinya kesan membahayakan akan kontras terlihat. Karena pada lokasi proyek pembangunan jembatan fly over tersebut terdapat material bangunan (seperti batu fondasi jembatan, besi cor dan beton setengah jadi) yang sangat membahayakan pengguna jalan.
Sepertinya instrumen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dimaknai sebatas bagi pekerja konstruksi semata, sedangkan K3 bagi pengguna jalan maupun warga sekitar sepertinya masih dilihat sebelah mata. Padahal seharusnya K3 merupakan instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya kecelakaan kerja, sehingga dapat menihilkan kecelakan kerja (zero accident).

Pada konteks pembangunan jembatan fly over tersebut di atas, seyogyanya tetap diberlakukan sterilisasi lingkungan melalui penutupan jalan dengan alat pembatas seperti seng/papan disekeliling tempat pembangunannya, sebagaimana yang diterapkan dalam pembangunan  proyek skala besar. Sehingga dapat meminimalkan potensi terjadinya kecelakaan kerja.
Tentu saja untuk mewujudkan zero accident diperlukan komitmen bersama dari semua pihak, tidak hanya dari pihak kontraktor pembangunan jembatan fly over, Pemerintah dengan kewenangan pengawasan melekat yang dimilikinya pun turut memiliki andil. Selain itu yang tidak kalah penting adalah kesadaran dari masyarakat sekitar untuk tidak sembarangan melintas/memasuki tempat pembangunan proyek jembatan fly over tanpa dilengkapi dengan alat proteksi keselamatan kerja.     

Post a Comment

Previous Post Next Post