Ibadah Puasa itu luar biasa!



Ibadah puasa memang sangat unik dibandingkan dengan ibadah lainnya. Ibadah puasa menuntut kita untuk belajar jujur pada diri sendiri, karena parameter sukses atau tidaknya ibadah puasa hanya diketahui oleh diri sendiri dan Allah SWT. Oleh karenanya integritas dan kejujuran serta keikhlasan mutlak diperlukan sebagai modal dalam ibadah puasa. Kewajiban menjalankan ibadah diatur dalam Quran Surat Al-Baqoroh Ayat 183-187.

Secara harfiah puasa berasal dari bahasa arab disebut shiyaam atau shoum, yang memiliki arti menahan diri untuk tidak berbuat sesuatu, dalam hal ini tidak hanya larangan untuk makan dan minum sejak waktu fajar tiba sampai waktu berbuka puasa (adzan magrib), tetapi juga hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa antara lain: berhubungan seksual; memasukan sesuatu benda secara sengaja ke dalam tubuh; muntah secara disengaja, haid, dan lain sebagainya.

Secara pribadi saya memiliki kesan tersendiri dengan ibadah puasa, yang menurut saya luar biasa, baik terhadap puasa ramadhan maupun puasa sunah lainnya. Karena dengan kekuatan niat ibadah kita tidak merasa lapar di siang hari, bahkan dalam kondisi tidak sahur sekalipun. Padahal dalam dunia medis jika kita terlambat makan maka dapat menyebabkan penyakit maag. Namun saat beribadah puasa justru dapat meningkatkan kondisi kesehatan kita. Selain itu belum ada catatan cerita yang menyatakan ada orang yang meninggal karena melakukan ibadah puasa. Dengan berpuasa dapat meningkatkan empati kita pada orang lain yang mungkin keadaannya tidak lebih beruntung dari kita.

Ibadah puasa secara logika merupakan momen yang tepat untuk mengistirahatkan organ pencernaan kita, memperbaiki sirkulasi lambung dan membuat tubuh melakukan pembersihan racun secara alami (detoksifikasi). Bahkan banyak contoh nyata orang yang rajin melakukan ibadah puasa senin-kamis memiliki bentuk tubuh yang ideal (tidak buncit dan kegemukan), sehingga kesehatannya senantiasa dalam kondisi fit.

Pelaksanaan Ibadah Puasa memang dirasakan tidak gampang, godaan fatamorgana haus dan ingin makan sesuatu sering hinggap dalam benak kita, namun dengan keiklasan dan keimanan yang kuat akan sangat nikmat rasanya jika berhasil dijalani apalagi saat adzan magrib berkumandang tanda berbuka puasa. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah puasa kita, amin.

Post a Comment

Previous Post Next Post